Subscribe:

4/14/10

Unissula aleading world class islamic cyber university di Indonesia

Semarang- Universitas Islam Sultan Agung (unissula) semarang belum lama ini telah menggelar seminar internasional yang diadakan pada hari rabu-kamis tanggal 17-18 maret 2010, acara ini dihadiri oleh staff ahli TI dari kementrian komunikasi dan informasi republic Indonesia rudi lumanto, bupati sragen untung Wiyono (daerah Pelopor T-DMB), beberapa tokoh multimedia broadcasting terkemuka Indonesia seperti ujang nugraha (direktur PT.Radionet cipta karya), ishadi SK (Komisaris Trans Corp), Wira Putra Raimond (Direktur ESB Indonesia) dan beberapatokoh multimedia lainnya.

acara berlangsung khidmat dimana dari beberapa pembicara yang hadir mempresentasikan keunggulan teknologi DMB sebagai media cyber yang sangat membantu masyarakat khususnya dikalangan akademik dalam memenuhi kebutuhannya terutama dalam hal informasi. salah satu contohnya adalah pemaparan dari staff ahli TI menkominfo rudi lumanto, beliau menjelaskan bahwa keuntungan jika kita melakukan digitalisasi dengan menggunakan teknologi T-DMB dalam dunia broadcasting, diantaranya adalah

- efisiensi pemanfaatan spectrum frekuensi radio

- meningkatkan kualitas penerimaan siaran

- program siaran lebih beragam

- perkembangan media yang sehat

- konvergensi layanan multimedia

- menumbuhkan industry konten dan set top box

selain pemaparan dari menkominfo, penjelasan juga dilakukan oleh pembicara dari Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi-BPPT, Ir. Bambang Heru Tjahjono M.Sc. beliau menerangkan digitalisasi broadcasting di Indonesia akan berjalan pada tahun 2018 dengan tahapan-tahapan 2009-2012 uji coba siaran digital,2013-2017 penghentian siaran TV analog untuk kota-kota besar, 2018 seluruh siaran TV analog dihentikan dan diganti dengan system broadcasting digital. itu artinya masih banyak proses yang harus dilalui untuk mencapai digitalisasi dibidang penyiaran secara menyeluruh diindonesia.

unissula yang mempunyai visi “Menjadi Universitas Islam Terkemuka di Dunia yang berbudaya Cyber dengan berlandaskan nilai-nilai Islam” mencoba menjadi universitas pertama yang akan mengembangkan teknologi DMB sebagai media yang diharapkan membantu berbagai system yang ada di unissula seperti administrasi, akademik, dll. dalam penjelasannya rector Unissula prof. laode M.Kamaludin mengatakan keuntungan jika dalam system T-DMB diterapkan di kampus maka akan mempunyai beberapa manfaat yaitu:

• Peningkatan Efisiensi (Waktu, Tenaga dan Biaya)

• Mengurangi Space / Ruang dalam penyimpanan berkas

• Membangun Kemampuan Berkomunikasi dan Berkordinasi

• Memperkecil Kesalahan (Human Error)

• Keamanan Data

dalam misinya yaitu membangun cyber data base dan melahirkan civitas akademika UNISSULA yang berbudaya cyber diharapkan akan berdampak pada aktivitas management yang lebih efektif dan efisien.

semoga harapan dan cita-cita kita semua mampu menjadi kekuatan utama dalam pencapaian cita-cita tersebut. mari kita dukung program Unissula yang ditargetkan akan tercapai sampai pada tahun 2013…

Dengan teknologi DMB sebagaimana dijelaskan di atas maka akan menjadikan Unissula ke depan sebagai sebuah kampus yang dinamis dan menyenangkan bagi siapapun yang berkungjung ke sana. Teknologi DMB ini akan memacu kreatifitas mahasiswa, khususnya jurusan teknik elektro, informatika, industri, komputer, dan Ilmu Komunikasi dalam dunia multimedia broadcasting. Perpustakaan digital Unissula juga diproyeksikan akan menjadi leader dalam pelayanan media bacaan online, dimana fasilitas penunjangnya saat ini sedang dalam tahap penyelesaian. Ke depannya Unissula juga akan menjadi pusat cyber services di bidang pendidikan, kesehatan, dan UKM. Sehingga Unissula akan benar benar menjadi aleading world class islamic cyber university di Indonesia.

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts