Subscribe:

11/5/10

Hasil Training TV Production Unissula memuaskan


Semarang-Trainer pelatihan TV Produksi Universitas Sultan Agung (Unissula) dikejutkan dengan penampilan para peserta dalam review hasil, evaluasi dan penutupan training yang dilaksanakan Jum’at (05/11). Saking terkejutnya, Harmen Hari, Trainer yang sudah melalang buana di bidang broadcasting itu menyatakan dirinya tidak percaya kalau video produksi yang ditampilkan adalah hasil karya peserta. Beliau menyatakan “saya tidak percaya ini hasil karya kalian, sungguh menakjubkan” pernyataan itu disambut tepuk tangan dan sorak riang gembira dari peserta, hadir pula dalam acara itu, Rector unissula, Prof. Laode M Kamaludin. beliau mengatakan bahwa dunia broadcasting adalah salah satu elemen yang sangat berpengaruh didunia, dengan memiliki TV sendiri unissula akan mengembangkan pendidikan dan UMKM untuk masyarakat. Dalam pidatonya rector yang baru menjabat satu tahun lebih ini juga memberi motivasi kepada para peserta agar jangan sampai sebagai seorang muslim kita minder dengan kemajuan teknologi yang ada saat ini.” Kita boleh berasal dari keluarga miskin, akan tetapi jangan sampai pikiran yang miskin ada pada diri kita, kita adalah manusia, yang berhak berkembang dan maju” ujarnya.

Training TV produksi Unissula dilaksanakan mulai dari tanggal 28 Oktober sampai 5 november 2010. selama 40 hari perserta diberikan teori selama 2 pekan dan setelah itu praktek dilapangan. Peserta terdiri dari mahasiswa, dosen dan karyawan, untuk mahasiswa dibagi 5 kelompok yang sudah diberi tugas masing-masing untuk membuat profile Fakultas kedokteran, layanan cyber service, profile cyber library, profile unissula, dan video clip himne dan mars Unissula, sementara untuk dosen dan karyawan membuat materi pembelajaran online. selama praktek, peserta dituntut untuk bisa melaksanakan tugas sebagai tim kreatif dan tim produksi, dan ketika berperan sebagai tim produksi masing2 kelompok harus memproduksi sesuai production book yang sudah dibuat kelompok yang lain yang sudah ditunjuk. “dengan adanya pembagian kelompok kerja seperti ini mudah2an mereka bisa berperan sebagai tim kreatif dan tim produksi”ungkap laki2 yang biasa disapa pak harmen, saat pelatihan berlangsung. Selain beliau, trainer dalam pelatihan ini adalah bapak harno dan beberapa rekannya dari MMTC dan TVRI.
Melancong ke singapura
Dalam penutupan training yang diikuti oleh 30 lebih peserta itu juga diumumkan bahwa ada 2 perserta terbaik yang akan diberangkatkan meliput rombongan Bapak Rektor untuk memberikan award atau penghargaan kepada pengusaha muslim terkaya nomor 2 se singapura dimusofa centre. Dua peserta itu adalah Urip Mulyadi dari Fakultas Ilmu Komunikasi dan Rofi arif dari Fakultas Teknologi Industri. Prof laode berharap mereka bisa mewakili dan bisa memberikan yang terbaik untuk unissula. Saat ditanya bagaimana perasaannya ketika terpilih untuk berangkat ke singapura bersama rektor, mereka mengungkapkan masih tidak percaya akan diberngkatkan ke singapura,” saya masih tidak percaya akan diberangkatkan bersama pak rector ke singapura” ungkapnya dengan wajah berbunga.
Menjadi broad caster handal
training yang bertemakan “menyongsong era digital” itu diharapkan mampu mencetak broadcaster2 handal dan bisa menjadi tim produksi TV unissula. “Sebagai langkah kongkrit untuk memfolow-upi peserta training, maka pihak penyelenggara akan membentuk tim yang diberi nama cyber club untuk mewadahi peserta dalam memproduksi acara TV.” Ujar coordinator Training TV Production tersebut.(faiz)

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts